Minggu, 29 November 2020

MACAM - MACAM JENIS STAMPER || PT SINDANG TEKNIK 089638378439

 Dalam bidang konstruksi, alat berat adalah alat yang digunakan untuk mempermudah proses pekerjaan konstruksisehingga pembangunan menjadi lebih cepat, mudah, dan hasilnya sesuai dengan harapan. Penggunaan alat berat harus benar-benar tepat dan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi di lapangan. Jadi, tidak bisa sembarangan menggunakannya.

Alat berat yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan, semisal keperluan pemadatan tanah, berarti anda perlu menggunakan alat pemadat, alat pemadat sendiri memang bermacam macam, baik dariyang terbesar sampai yang kecil, namun tentu fungsinya sendiri tetap sama untuk memadatkan, hanya saja disesuaikan dengan pemadatan skala besar atau kecil.




Alat pemadat yang kali ini akan dibahas ialah alat pemadat stamper, stamper ini memiliki ukuran yang kecil di banding loader atau dozer , stamper sering digunakan untuk pekerjaan pemadatan skala kecil maupun menengah, biasanya digunakan pada pemadatan lahan rumah atau pun gedung gedung bertingkat.

Mesin stamper memang terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan kerja yang diaplikasikan. Awalnya alat yang satu ini hanya dipakai oleh para kontraktor besar saja. Namun seiring berkembangnya waktu ternyata banyak pabrikan yang merilis produk agar bisa dijangkau semua kalangan. Harga stamper yang semakin murah tentu bisa dibeli oleh beberapa orang tertentu, setidaknya untuk kalangan menengah.


PUSAT SEWA ALAT-ALAT PROYEK BOGOR

PT SINDANG TEKNIK

089638378439


1. Stamper Kuda

Jenis stamper yang paling laris yaitu stamper kuda dan stamper kodok. Stamper kuda adalah mesin untuk meratakan permukaan tanah dengan cara kerja plat bergerak ke atas dan ke bawah. Tipe stamper kuda ini paling cocok diterapkan pada permukaan tanah yang mengandung pasir. Biasa juga bekerja dengan maksimal untuk tanah lempung dan tanah berkerikil. Berat dari mesin stamper kuda sangat ringan serta ergonomis, bagi seorang operator hal ini sangat penting.

Stamper kuda terdiri dari beberapa bagian, secara keseluruhan bagian mesin ini perlu diketahui supaya menjadi pembelajaran sebelum anda menggunakannya. Bagian yang pertama yaitu mesin, hampir semua pabrikan saling mencontoh soal penggunaan mesin stamper kuda. Mesin ini menjadi penggerak rotasi roda gigi sehingga menghasilkan gerakan vertikal secara berulang ulang.




Selanjutnya yaitu pada bagian pegangan kontrol dan bingkai pelindung. Kedua bagian ini menjadi sangat penting karena untuk menjadi pelindung mesin sekaligus memudahkan operator untuk mengontrol mesin stamper secara horizontal. Dalam penggunaan stamper kuda memang cukup sulit ketika mengarahkan mesin ke tempat yang ingin ditumbuk atau obyek media permukaan tanah yang dituju.

Di bagian bawah terdapat kaki kaki hentakan, untuk gerakan vertikal yang dihasilkan dari mesin stamper terdapat pegas yang tidak kalah pentingnya. Pegas ini berfungsi untuk menjadi alat yang memudahkan gerakan memantul sehingga tumbukan lebih bertenaga dan teratur. Berikutnya terdapat juga bagian plat tumbuk di paling bawah yang menyentuh tanah secara langsung.

2. Stamper Kodok

Stamper kodok dari segi tampilan sangat berbeda dengan stamper kuda. Pengertian stamper kodok adalah mesin untuk memadatkan tanah dengan gerakan vertikal dan horizontal secara bergantian. Cara kerjanya dioperasikan secara maju mundur. Mesin stamper kodok memiliki beberapa bagian yang sebenarnya hampir sama dengan stamper kuda. Pada bagian mesin berfungsi untuk mengubah rotasi dari roda gigi supaya menimbulkan gerakan vertikal, dibuat supaya pergerakannya jadi timbal balik.



Bagian kedua yaitu ada pegangan untuk mengontrol mesin dan terdapat pula pelindung di bagian mesin. Untuk pegangan ini memudahkan operator ketika menjalankan mesin stamper kodok dengan cara didorong. Gerakan mesin yang horizontal jika tidak dikontrol maka mesin akan bergerak tidak beraturan apalagi bila kondisi tanah tidak rata. Melanjutkan ke pembahasan bagian ketiga yaitu kaki hentak, hentakan yang terjadi secara vertikal diredam oleh kaki hentak tersebut.

Fungsi kaki hentak tersebut memang sangat penting karena bisa mengkondisikan pegas tetap terkendali. Pada bagian yang terakhir pada mesin stamper kodok yaitu plat tumbuk. Ukuran plat tumbuk stamper kodok ini menyesuaikan dengan spesifikasi dari mesin. Tekanan yang disalurkan tenaga mesin dikirim ke bagian plat supaya bisa meratakan tanah dibawahnya.


Kedua jenis stamper kodok dan stamper kuda memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun sebelum menggunakan mesin ini anda perlu mengetahui beberapa tips pemakaian stamper. Sebelum mesin stamper dinyalakan silahkan cek bahan bakar terlebih dahulu, biasanya menggunakan bensin atau solar. Ketika mengisi usahakan jangan sampai terlalu penuh, takutnya nanti tumpah ketika dipakai.

Tips kedua yaitu mengecek bagian stamper apakah sudah aman atau tidak. Cek juga bagian baut dan mur jika ada yang longgar silahkan kencangkan terlebih dahulu. Pengecekan secara keseluruhan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja yang berakibat pada mesin dan operator. Setelah itu baru menghidupkan mesin stamper, tunggu hingga 5 menit sebelum digunakan.

Silahkan jalankan mesin ke permukaan tanah yang akan anda tumpuk atau ratakan. Jangan lupa untuk mematikan mesin jika kondisinya sangat panas karena takut terjadi overheat. Ketika selesai menggunakan stamper jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dulu, lalu simpan pada tempat yang aman. Jika anda memang sedang membutuhkan sewa mesin stamper silahkan hubungi kami pada kontak yang tertera.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar