Sabtu, 29 Agustus 2020

pentingnya pemadatan beton || 089638378439

Beton vibrator merupakan suatu alat yang digunakan pada pekerjaan konstruksi pada saat pengecoran. Alat ini berfungsi memadatkan adonan beton yang dimasukan kedalam bekisting. Tujuannya adalah agar angin atau udara yang masih pada ada pada adonan tersebut dapat keluar sehingga tidak menimbulkan rongga atau lubang. Dengan melakukan pemadatan dengan mesin vibrator juga mempunyai manfaat untuk menghasilkan beton yang kuat dan tahan lama serta menghasilkan permukaan yang halus pada beton. 



 Pemakaian vibrator concrete sebenarnya sangat mudah, hanya perlu menuangkan adonan beton cor ke bekisting lalu meratakannya dengan mesin ini. Pastikan posisi dari mesin tidak terlalu jauh dengan bagian area yang akan dipadatkan. Pengoperasian mesin vibrator cukup gampang, setelah mesin dihidupkan tinggal memasukkan kepalan vibrator dengan cara didorong kebagian campuran material cor. Setidaknya butuh sekitar 10 detik pada satu titik lalu pindah ke area lainnya.

Memang butuh pengalaman dalam mengoperasikan mesin vibrator concrete. Penempatan kepala vibrator harus berjarak sekitar 12 cm dari bekisting supaya getaran tidak mengganggu bagian sisi samping. Jarak pemindahan kepala vibrator ini dari satu titik ke titik lainnya sekitar 40 cm, tergantung dengan kondisi dari tingkat kepadatan beton. Tingkat kesulitan dalam pemakaian mesin vibrator concrete terletak pada kecermatan kita dalam menentukan apakah kepada sudah pas atau tidak.

Dalam pengecoran tentu kita harus memperhatikan keamanan baik dari segi peralatan dan para pekerja. Ketika anda memakai mesin vibrator concrete yang tentu tidak satu tempat saja sehingga perlu memindakan mesin. Saat pemindahan mesin pastikan terlebih dahulu untuk mematikan vibrator concrete dan memutus aliran listrik. Terkadang banyak pekerja yang kurang mengutamakan keamanan seperti memindahkan mesin vibrator concrete dalam kondisi masih hidup.

Selanjutnya yaitu menjaga kondisi dari mesin vibrator concrete tetap aman. Alat ini sangat rawan sekali dengan benturan, terkena air dan kerusakan. Jika tidak dijaga dengan baik ketika bekerja tentu masalah tersebut bisa mengakibatkan mesin rusak. Karena vibrator concrete menghasilkan getaran pastikan ditempatkan pada permukaan yang datar supaya tidak bergeser. Perlu satu orang untuk menjaga posisi dari mesin vibrator concrete baik dalam pemindahan ataupun menyesuaikan tempatnya.

Cek kembali bagian casing mesin agar semuanya terkunci dengan baik. Ketika mesin dimatikan silahkan lihat apakah ada yang longgar atau tidak, jika memang terdapat baut atau mur kurang kencang sebaiknya perbaiki terlebih dahulu. Pada bagian kepala vibrator harus dalam keadaan terkunci dengan kuat. Air bisa saja masuk ke dalam selang yang dapat merusak mesin. Penguncian kepala vibrator ke selang tentunya harus dilakukan sebelum mesin dipakai. Berikut ini tips pemakaian mesin vibrator concrete

1.       Menempatkan mesin pada permukaan yang kering dan bersih.

2.       Kebanyakan mesin vibrator concrete memakai daya listrik, pastikan kabel yang digunakan dalam kondisi aman.

3.       Jangan memaksakan mesin vibrator concrete ditempatkan pada area yang basah.

4.       Penempatan mesin harus pada permukaan yang datar dan kuat.

5.       Memakai sarung tangan, sepatu dan helm untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

6.       Jika anda masih pemula disarankan untuk memakai kacamata ketika mengoperasikan vibrator concrete.

7.       Mematikan mesin per 1 jam sekali untuk menjaga kondisi vibrator concrete supaya tidak overheat. 


Yang tidak boleh dilakukan dengan concrete vibrator :

  • jangan mendorong batang vibrator waktu memasukkan ke dalam beton segar
  • jangan biarkan vibrator dalam kondisi bergetar di luar beton segar, akan terjadi overheating dan rusak
  • jangan mengeluarkan/menarik batang vibrator dengan tarikan cepat atau sentakan, karena akan mengakibatkan udara terperangkap di bawah batang vibrator
  • jangan menarik batang vibrator secara horisontal, akan mengakibatkan terjadinya mortar channel (kanal mortar, di mana agregat akan tersingkir dari jalur penarikan horisontal tersebut)
  • jangan menyebarkan atau memindahkan beton segar dengan vibrator
  • jangan menggetarkan/menyentuh besi tulangan, bekisting/acuan, akan mengakibatkan berkurangnya lekatan beton dengan tulangan atau perubahan acuan/bekisting

Rental sewa,jual beli dan servis

  • sewa molen beton
  • jual beli molen beton
  • servis molen,jack hammer,stamper,genset
  • sewa jack hammer
  • sewa stamper kuda/kodok
  • sewa genset
  • sewa alat pemotong paving
  • jual alat pemotong paving
  • sewa alat pemotong beton
  • sewa vibrator beton


BOGOR DEPOK TANGERANG



JAKARTA BEKASI















Tidak ada komentar:

Posting Komentar